Lalu tiba-tiba
Anda merasa ‘beruntung’. Anda memperhatikan orang-orang yang berjalan menuju
mobilnya, membawa sekantong penuh barang belanjaan. Lalu Anda melihat lampu
mobil mulai menyala dan berjalan mundur meninggalkan tempat parkir.
Segera setelah Anda
tahu apa yang Anda inginkan, ‘insting pencarian’ dalam pikiran Anda akan
berusaha mencari jawabannya. Menentukan tempat parkir dan lalu? Anda akan mulai
mencari tempat parkir. Ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan
keberuntungan!
Mari kita lihat
contoh yang lain. Anda pergi ke sebuah tempat sewa video karena ada beberapa
orang kawan yang akan singgah di rumah Anda mala mini untuk menonton televise. Sekarang,
pertanyaannya adalah, ‘video manakah yang akan saya pinjam?’ Anda mulai
berjalan mengitari toko rental video tersebut selama kurang lebih 45 menit
untuk mencari sebuah film yang cocok. Lalu apa yang terjadi? Anda tidak dapat
memilih, kebingungan, dan mulai kesal dengan diri sendiri. Merasa frustasi dan
kurang beruntung, Anda merasa lebih baik segera membuat keputusan. Lalu Anda
memilih sebuah judul film yang pernah Anda tonton sebelumnya dan membawanya
pulang. Pada saat Anda menyetelnya, teman-teman Anda berteriak, “Kami sudah
pernah menontonya!” mengapa kamu memilih film ini? Tidak bisakah kamu
mendapatkan film yang lebih bagus dari ini?”
Salah seorang
kawan yang merasa iba kepada Anda mengatakan bahwa minggu lalu ia melihat
sebuah film menarik yang baru saja diluncurkan. Anda merasa tidak melihat film
tersebut di toko rental tadi, lalu mengatakan padanya bahwa Anda akan mencoba
menyewanya lain kali.
Keesokan harinya,
saat Anda kembali ke toko rental itu, apa yang langsung terlihat begitu Anda
masuk ke dalam toko? Ratusan kaset film keluaran terbaru itu! Apakah kaset-kaset
itu berada disana kemarin? Anda yakin, semuanya ada 100 kopi. Mengapa kemarin Anda
tidak melihatnya? Kurang cermat. Bila tujuan
Anda jelas dan terfokus, mudah bagi Anda untuk menggapainya.
Apakah Anda
dalam cerita tadi ‘beruntung?’ Tidak. Anda
hanya memiliki pikiran yang jernih tentang apa yang Anda inginkan dan
insting pencarinya menunjukkan bagaimana Anda mendapatkannya.
Kutipan dalam buku ‘You Can Do It!’ PAUL HANNA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar