Selamat Datang, Semoga banyak ilmu yang Anda dapatkan...

Jumat, 23 Maret 2012

Insting Pencarian


Bayangkanlah Anda sedang dalam perjalanan untuk membeli beberapa keperluan mingguan di supermarket. Apa yang akan tersirat dalam pikiran Anda saat memasuki pintu masuk supermarket tersebut? Tempat parker, tentu. Lalu, apa yang tampaknya pernah ada di sana? Sebidang tempat parkir untuk mobil Anda.
Lalu tiba-tiba Anda merasa ‘beruntung’. Anda memperhatikan orang-orang yang berjalan menuju mobilnya, membawa sekantong penuh barang belanjaan. Lalu Anda melihat lampu mobil mulai menyala dan berjalan mundur meninggalkan tempat parkir.
Segera setelah Anda tahu apa yang Anda inginkan, ‘insting pencarian’ dalam pikiran Anda akan berusaha mencari jawabannya. Menentukan tempat parkir dan lalu? Anda akan mulai mencari tempat parkir. Ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan keberuntungan!
Mari kita lihat contoh yang lain. Anda pergi ke sebuah tempat sewa video karena ada beberapa orang kawan yang akan singgah di rumah Anda mala mini untuk menonton televise. Sekarang, pertanyaannya adalah, ‘video manakah yang akan saya pinjam?’ Anda mulai berjalan mengitari toko rental video tersebut selama kurang lebih 45 menit untuk mencari sebuah film yang cocok. Lalu apa yang terjadi? Anda tidak dapat memilih, kebingungan, dan mulai kesal dengan diri sendiri. Merasa frustasi dan kurang beruntung, Anda merasa lebih baik segera membuat keputusan. Lalu Anda memilih sebuah judul film yang pernah Anda tonton sebelumnya dan membawanya pulang. Pada saat Anda menyetelnya, teman-teman Anda berteriak, “Kami sudah pernah menontonya!” mengapa kamu memilih film ini? Tidak bisakah kamu mendapatkan film yang lebih bagus dari ini?”
Salah seorang kawan yang merasa iba kepada Anda mengatakan bahwa minggu lalu ia melihat sebuah film menarik yang baru saja diluncurkan. Anda merasa tidak melihat film tersebut di toko rental tadi, lalu mengatakan padanya bahwa Anda akan mencoba menyewanya lain kali.
Keesokan harinya, saat Anda kembali ke toko rental itu, apa yang langsung terlihat begitu Anda masuk ke dalam toko? Ratusan kaset film keluaran terbaru itu! Apakah kaset-kaset itu berada disana kemarin? Anda yakin, semuanya ada 100 kopi. Mengapa kemarin Anda tidak melihatnya? Kurang cermat. Bila tujuan Anda jelas dan terfokus, mudah bagi Anda untuk menggapainya.
Apakah Anda dalam cerita tadi ‘beruntung?’ Tidak. Anda hanya memiliki pikiran yang jernih tentang apa yang Anda inginkan dan insting pencarinya menunjukkan bagaimana Anda mendapatkannya.


Kutipan dalam buku ‘You Can Do It!’ PAUL HANNA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar